Mobil telah menjadi salah satu kebutuhan transportasi yang banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, mobil telah menjadi sahabat bagi berbagai kebutuhan manusia. Namun, selayaknya alat transportasi lainnya, mobil juga akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Berikut merupakan beberapa tips untuk merawat mobil yang baik:

1. Mengecek Starter Mobil

Melakukan pemanasan mobil sebelum digunakan sangat diperlukan untuk memelihara kondisi mesin mobil. Starter mobil juga dapat digunakan untuk memeriksa kerusakan didalam mobil. Mobil yang tidak dapat distarter disebabkan karena berkurangnya suplai bahan bakar atau udara. Periksa saringan (filter) dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Akan tetapi bila belum berhasil, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

2. Penggantian Oli Mobil Secara Rutin

Oli merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting bagi performa mobil. Untuk melindungi keadaan mesin mobil agar selalu maksimal perlu dilakukan penggantian oli secara rutin. Ketentuan penggantian oli memang berbeda-beda bagi setiap jenis mobil. Namun umumnya pergantian oli mobil dilakukan ketika sudah menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km. Pilihlah oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda.

Pemakaian oli power steering juga perlu diperhatikan, karena dapat menyebabkan setir mobil menjadi berat dan susah dikemudikan saat habis, serta munculnya bunyi pada pompa ketika mobil berbelok.

Selain itu, kondisi oli atau rem juga perlu diperhatikan. Posisi oli rem harus berada diantara tanda LOW dan HIGH. Apabila oli rem anda berada pada LOW, jangan menambah minyak rem secara langsung. Periksa terlebih dahulu kondisi nya secara langsung, karena turunnya tanda minyak rem juga dapat terjadi karena menipisnya brake atau kampas rem.


3. Mengecek Cairan Radiator atau Coolant

Pastikan untuk rutin mengecek air radiator Anda, karena cairan tersebut berfungsi sebagai penetral panas dalam mesin mobil. Air radiator yang kosong menyebabkan overheat pada mesin sehingga dapat menyebabkan mesin mobil manual rusak. Selain itu, kekosongan air radiator dapat juga membahayakan pengemudi mobil.

Anda dapat mengecek air radiator dengan melihat langsung melalui tutup radiator. Dan yang perlu diingat adalah jangan sesekali membuka tutup radiator ketika mesin dalam keadaan menyala ataupun mesin mobil masih dalam keadaan panas. Dianjurkan untuk melakukan penggantian atau pengurasan air radiator pada saat sudah menempuh jarak 1000 km.

4. Membersihkan Filter Karburasi

Apabila mesin mobil susah dinyalakan, hal tersebut menunjukkan bahwa filter karburasi mobil dalam keadaan kotor. Anda dapat membersihkan saringan karburasi dengan menggunakan sikat gigi untuk melepas kotoran dan kerak yang menempel. Jangan menggunakan hairdryer atau compressor karena dapat menyebabkan resiko kerusakan pada filter karburasi.

5. Mengecek Timing Belt

Timing belt merupakan salah satu komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil anda dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt tersebut. Kerusakan yang dibiarkan dapat menyebabkan putusnya timing belt sehingga komponen dalam mesin mobil rusak. Selain itu suplai listrik pada akumulator tidak akan bekerja secara maksimal.

6. Periksa Kondisi Knalpot

Knalpot (saluran pembuangan) merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa kendaraan. Pengecekan rutin kondisi knalpot serta penyumbatan yang mungkin terjadi perlu dilakukan agar aliran pembuangan gas mobil dapat lancar.

7. Ganti Spare Part Mobil yang Original

Apabila terdapat kerusakan komponen dalam mesin mobil, pastikan untuk segera memperbaiki di bengkel resmi agar diperbaiki oleh mekanik yang handal. Selain itu, jika memang mengharuskan untuk mengganti komponen dalam mobil. Pastikan untuk membeli spare part original dan berkualitas untuk mencegah kerusakan komponen kembali. Jangan tergiur dengan barang yang dijual murah namun tidak dapat dibuktikan kualitasnya karena produk tersebut dapat merusak mesin mobil.

8. Lakukan Penarikan Gas dengan Kuat Sesekali

Sesekali Anda perlu memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah lama digunakan akan menghasilkan kerak pada bagian mesin yang sulit dihilangkan. Dengan memacu kendaraan pada kecepatan tinggi dapat mengeluarkan kerak melalui knalpot. Namun tetap pastikan kondisi sekitar tempat Anda berkendara aman dan tidak membahayakan keselamatan di jalan raya.

9. Lakukan Tune Up Rutin

Anda dapat melakukan tune up di bengkel resmi terdekat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat mesin tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen vital mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Selain itu, perlu juga diperiksa kondisi ban mobil untuk mencegah kecelakaan atau ketidaknyamanan saat berkendara.

10. Penuhi Tangki Bensin Mobil

Mengisi penuh tangki bensin mobil mungkin dianggap sepele. Pada bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak. Dan dapat bercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Sehingga proses pembakaran bahan bakar tidak berlangsung maksimal dan menghasilkan gas buangan lainnya. Oleh sebab itu sesekali Anda perlu mengisi penuh tangki bensin agar tetap bersih dan terhindar dari kerak.



Sumber: https://showroommobil.co.id

Pricelist Toyota [MMM YYYY]

TIPE HARGA
ALL NEW FORTUNER
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
G LUX Automatic (Diesel) Rp. 495.837.000
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
[Tipe Mobil] Rp. [Harga]
ALL NEW RUSH
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
G LUX Automatic (Diesel) Rp. 495.837.000
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000


SYARAT DAN KETENTUAN

  • Harga belum dikurangi Diskon atau Cashback yang berlaku
  • Sudah OTR ( On The Road )
  • Berlaku pada bulan [Period]
  • Khusus area [Location]
  • Informasi ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya

Artikel Pilihan Lainnya


Tips dan Trik Merawat Ban Mobil agar Awet

Tips / Merawat Ban / Ban Mobil

Tips Membersihkan Mobil Tanpa ke Salon

Artikel / Cara Mencuci Mobil 

Cara Merawat Karpet Mobil

Tips / Merawat Karpet Mobil

Tips Membersihkan Busi pada Mobil

Tips / Membersihkan Busi / Busi Mobil