Tips dan Trik Merawat Ban Mobil agar Awet

Tips dan Trik Merawat Ban Mobil agar Awet


Ban merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peranan penting agar perjalanan dapat dilakukan dengan nyaman. Apalagi untuk perjalanan jauh, seperti mudik atau liburan, perawatan pada ban sangat diperlukan agar tidak terjadi peristiwa seperti ban bocor, pecah, tergelincir, lepas ban dan lain sebagainya. Berikut kami bagikan beberapa tips merawat ban mobil, agar ban mobil Anda dapat awet:

1. Selalu periksa tekanan angin

Memeriksa tekanan angin merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan apalagi untuk perjalanan jauh. Tekanan angin pada ban harus stabil agar tetap aman. Jika tidak, ban mobil akan cepat rusak. Kurangnya tekanan angin akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat karena tarikan mobil yang meningkat. Namun, apabila tekanannya terlalu besar sehingga ban mobil terlalu keras, justru akan mengakibatkan permukaan ban menjadi halus dan sangat membahayakan pengendara. Sehingga ban harus cepat atau sering diganti. Oleh sebab itu, pemeriksaan tekanan angin harus dilakukan secara rutin, selain demi keselamatan, juga demi memperpanjang usia ban.

2. Menggunakan ban sesuai standar

Mobil dengan jenis yang berbeda memiliki tipe ban yang berbeda pula. Mobil dengan jenis city car menggunakan jenis ban yang berbeda dengan mobil jenis MPV karena bobot dan ukuran mobilnya juga berbeda. Menggunakan ban yang sesuai standar adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat ban mobil.

3. Merotasi ban mobil

Merotasi ban mobil adalah cara yang perlu dilakukan agar ban mobil awet, yaitu dengan cara menukar posisi ban mobil secara berkala. Ban depan yang sering mengalami gesekan rem ekstra saat mobil berbelok, akan cepat rata. Sebelum permukaan ban depan rata, sebaiknya ban depan tersebut ditukar dengan ban belakang. Karena ban belakang hanya mengalami gesekan ringan, yaitu hanya mengikuti laju mobil saja. Anda dapat menukar posisi ban belakang dengan ban depan setiap 5000 km sekali, agar umur ban mobil lebih panjang.

4. Menghindari lubang saat berkendara

Pada jalan yang berlubang dan berkelok, sangat dianjurkan untuk mengurangi kecepatan kendaraan agar ban mobil lebih awet. Selain alasan tersebut, mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi pada jalan yang rusak juga meningkatkan resiko kecelakaan sehingga berkendara secara baik dan benar sangat diperlukan.

5. Membawa barang secukupnya

Membawa barang sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan juga dapat membantu Anda merawat ban agar awet. Beban yang berlebihan dapat mengakibatkan ban mobil cepat rusak. Kerusakan ban yang diakibatkan karena mengangkut beban yang berlebihan saat berkendara adalah benang nylon pada lapisan carcas ban dapat putus dan mengakibatkan ban pecah. Sehingga mobil kehilangan kendali dan mengakibatkan kecelakaan.

Pada ban, biasanya tertera kode yang menunjukkan keterangan berat beban yang dapat ban mobil Anda tahan. Jangan memaksakan ban mobil untuk menahan beban yang berlebih, karena akibatnya tidak hanya pada ban mobil namun pada keselamatan Anda juga.

6. Memastikan bahwa ban sudah tertutup oleh tutup pentil

Tutup pentil sering dianggap remeh karena ukurannya yang kecil. Namun, bagian ini juga perlu diperhatikan saat akan berkendara. Tutup pentil harus terpasang sempurna pada ban karena jika ban kehilangan tekanan angin, ban mobil akan mudah rusak.

7. Pemeriksaan rutin ke bengkel

Pemeriksaan rutin ke bengkel yang memiliki peralatan dan ruang kerja yang lengkap akan memudahkan pengecekan ban mobil. Pemeriksaan yang ditangani oleh orang yang berpengalaman dan paham cara merawat ban juga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah. Kunjungi bengkel sesuai jangka waktu yang ditentukan minimal satu bulan sekali, agar ban mobil Anda selalu dalam keadaan prima.

Demikian ulasan singkat mengenai tips merawat ban agar awet, semoga dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat.



Sumber: https://showroommobil.co.id 


Pricelist Toyota [MMM YYYY]

TIPE HARGA
ALL NEW FORTUNER
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
G LUX Automatic (Diesel) Rp. 495.837.000
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
[Tipe Mobil] Rp. [Harga]
ALL NEW RUSH
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000
G LUX Automatic (Diesel) Rp. 495.837.000
SRZ Automatic (Bensin) Rp. 551.937.000


SYARAT DAN KETENTUAN

  • Harga belum dikurangi Diskon atau Cashback yang berlaku
  • Sudah OTR ( On The Road )
  • Berlaku pada bulan [Period]
  • Khusus area [Location]
  • Informasi ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya

Artikel Pilihan Lainnya


Tips Merawat Mobil yang Baik agar Awet

Tips Merawat Mobil yang Baik / Tips dan Trik

Tips Membersihkan Mobil Tanpa ke Salon

Artikel / Cara Mencuci Mobil 

Cara Merawat Karpet Mobil

Tips / Merawat Karpet Mobil

Tips Membersihkan Busi pada Mobil

Tips / Membersihkan Busi / Busi Mobil